foto

Rabu, 24 Oktober 2012

my chemical romance

My Chemical Romance : Profile

MCR
Pengantar :

My Chemical Romance didirikan di New Jersey, Amerika, pada tahun 2001 oleh Gerrard Way dan Matt Pellisier. Setahun setelah didirikan, mereka sudah masuk dapur rekaman, saat itu dibawah naungan Eyeball Records dan merilis album pertama I Brought You My Bullets, You Brought Me Your Love pada tahun 2002. Tahun berikutnya mereka berpindah ke bawah Reprise Records dan merilis major label pertama mereka Three Cheers for Sweet Revenge di tahun 2004. Album ini sukses secara komersial dan telah terjual lebih dari 1 juta copy. Band ini menyempurnakan kesuksesan mereka yang sebelumnya, dengan merilis album ke tiga mereka The Black Parade. saat masih berupa konsep, album The Black Parade ini sudah menerima berbagai sambutan positif dari fans maupun pengamat musik. Melalui album ini, mereka juga mendapatkan berbagai penghargaan internasional. Saat ini mereka masih menyelesaikan album keempat mereka Danger Days: The True Lives of the Fabulous Killjoys.
Awal Karir
Seminggu setelah musibah 11 September, yakni kejadian tertabraknya gedung World Trade Center oleh sebuah pesawat terbang, Gerrard Way terinspirasi untuk mendirikan sebuah band yang waktu itu hanya berisi Way dan temannya Matt. Way menulis sebuah lagu berjudul "Skylines and Turnstiles" untuk mengekspresikan musibah 11 September itu. Tidak lama kemudian, Ray toro direkrut karena waktu itu Way tidak bisa menyanyi sambil bermain gitar bersamaan. Nama band mereka pertama kali diajukan oleh bassist mereka, Mikey Way, adik Gerrard Way, yang bekerja di sebuah perpustakaan. Pada suatu hari, pandangan Mikey Way terpaku pada sebuah buku berjudul "Ecstacy: Three Tales of Chemical Romance", lalu dia memberi usulan nama My Chemical Romance, walaupun Mikey sebenarnya bukan personil band Gerrard waktu itu. Gerrard Way akhirnya menyetujui nama itu. Rekaman pertama mereka lakukan di studio pribadi milik Pellisier, dimana dua lagu direkam waktu itu, yakni Our Lady Of Sorrows (yang akhirnya diubah judulnya menjadi "Bring More Knives") dan Cubicles. Setelah mendengarkan rekaman kedua lagu tersebut, Mikey tertarik untuk bergabung setelah kuliahnya gagal,dan berhenti karena Drop Out. Saat di bawah eyeball Records, mereka bertemu dengan Frank Iero, yang merupakan vokalist dan gitarist Pencey Prep. Saat Pencey Prep pecah pada tahun 2001-2002, Frank Iero masuk menjadi member My Chemical Romance, hanya beberapa hari sebelum proses rekaman album pertama mereka. Mereka menyelesaikan album pertama mereka "I Brought You My Bullets, You Brought Me Your Love", dengan formasi band mereka yang baru 3 bulan terbentuk waktu itu.
MCR
Awalnya lagu mereka tidak terlalu banyak didengar dan diminati. Bahkan album mereka masuk daftar "Infamous venue", yang membuat mereka melakukan evaluasi. Untuk menyiasati hal itu, My Chemical Romance mempromosikan lagu mereka secara free melalui internet dan dapat di download secara free juga. Dari situ, mereka mendapat cukup banyak tanggapan positif, dan fans mereka pun bermunculan.
Terobosan
Pada tahun 2003, band ini telah mengikat kontrak dengan Reprise Records. Dengan mengiringi tour Avenged Sevenfold, mereka menyusun album kedua mereka, "Three Cheers for Sweet Revenge". Dirilis pada tahun 2004, album ini mendapat Platinum hanya dalam 1 tahun. Mereka merilis 4 singles dalam album ini, yaitu Thank You for the Venom, I'm Not Okay (I Promise), Helena, dan Ghost of you. Pada waktu itulah, mereka menggantikan posisi drummer mereka Matt Pellisier dengan Bob Bryar, setelah mereka pulang dari tur mereka di Jepang pada July 2004. Pada tahun 2005, mereka mendapatkan kesempatan untuk mengikuti sebuah tur besar, bersama GreenDay yang saat itu sedang mengadakan tur untuk American Idiot mereka.
The Black Parade (2006-2008)
MCR
Pada tanggal 3 Agustus 2006, mereka berhasil menyelesaikan video untuk dua singles dari album mereka, Welcome to the Black Parade, yang menjadi single pertama mereka untuk album ini serta Famous Last Word. khusus Famous Last Word, meski telah selesai, namun video clip ini tidak dirilis hingga januari 2007.

Saat Pengambilan gambar untuk video clip single kedua mereka tersebut, sang vokalis Gerrard Way dan Drummer baru mereka, Bob Bryar, mengalami kecelakaan yang mengharuskan mereka menghentikan proses pembuatan video clip tersebut.

Album The Black Parade bisa dibilang album paling sukses dari My Chemical Romance. Sebuah majalah asal Amerika menyebutkan bahwa The Black Parade masuk dalam "4 Greatest Album of the Year" waktu awal perilisannya pada tahun 2006. Melalui album ini, My Chemical Romance juga memenangkan penghargaan "The Best International Band NME Awards" pada tahun 2007, sekaligus mengantarkan vokalisnya, Gerrard Way, memenangkan penghargaan "Hero Of The Year". My Chemical Romance juga masuk nominasi "Best Alternative Group of the Year" pada American Music Award.
Danger Days: The True Lives of the Fabulous Killjoys, Kepergian Bryar (2009-sekarang)
Pada 1 February 2009, My Chemical Romance merilis singles mereka Desolation Row. Lagu ini menjadi ending dari sebuah film tahun 2009 berjudul Watchmen. Pada 27 Mei 2009, web desainer mereka Jeff Watson, mengatakan bahwa band mereka akan kembali merilis album keempat mereka dalam beberapa minggu yg di produseri oleh Brendan O'Brien.

Gerrard Way mengatakan bahwa album mereka selanjutnya akan kembali pada genre Rock mereka. Dia juga mengatakan bahwa untuk album selanjutnya, mereka tidak akan membuat sebuah theatrical videoclips seperti yang mereka lakukan pada The Black Parade.

Pada 3 Maret 2010, Iero memberi pernyataan melalui website mereka, bahwa Bryar telah meninggalkan My Chemical Romance. Melalui website itu juga, Iero berkata bahwa My Chemical Romance sangat menyayangkan keputusan Bryar, dan mengatakan kalau band mereka tidak akan menganggap hal ini sebagai sesuatu masalah kecil. Pada Juli 2010, Gerrard Way memberikan pernyataan pada publik bahwa proses rekaman album keempat mereka telah selesai.
Style Music
Secara general, Aliran Music My Chemical Romance dikategorikan sebagai alternative rock, post-hardcore, punk revival, pop punk, serta yang paling kontroversial emo. Melalui website, mereka secara resmi menyatakan bahwa aliran musik mereka adalah "rock" atau "violent, dangerous pop". Pentolan band itu, Gerrard Way, menolak band mereka disebut beraliran emo. Dia lebih suka menyebut style band mereka sebagai What-else-ya-got-emo


Band Members

Member saat ini:
  • Gerrard Way – lead vocals (since 2001)
  • Ray Toro – lead guitar, backing vocals (since 2001)
  • Frank Iero – rhythm guitar, backing vocals (since 2002)
  • Mikey Way – bass guitar (since 2001)
Mantan member dan additional player :
  • Bob Bryar – drums (2004–2010)
  • Matt Pelissier – drums (2001–2004)
  • James Dewees – keyboards, percussion, backing vocals (2007–2009)
Discography

Album :
  • I Brought You My Bullets, You Brought Me Your Love (2002)
  • Three Cheers for Sweet Revenge (2004)
  • The Black Parade (2006)
  • Danger Days: The True Lives of the Fabulous Killjoys (2010)
Penghargaan dan Nominasi

  • Grammy Award 2008 Best Boxed or Special Limited Edition Package - The Black Parade
  • Kerrang! Award - Won for Best Band on the Planet in 2006
  • Kerrang! Award - Won "Best International Band" in 2007
  • Kerrang! Award - Won "Best Album" for Three Cheers for Sweet Revenge
  • Kerrang! Award - Won "Best Video" for Helena" in 2005
  • 2005 MTV Video Music Awards - Nominated for Best New Artist in a Video for "Helena"
  • 2005 MTV Video Music Awards - Nominated for Best Rock Video for "Helena"
  • 2005 MTV Video Music Awards - Nominated for Best Choreography in a Video for "Helena"
  • TRL Italy Award - Nominated for Best New Artist
  • TRL Award 2006 - Won for Best Group That Actually Plays[
  • MTV Asia Awards 2006 - Nominated for Favorite Rock Act
  • MTV Asia Awards 2006 - Nominated for Favorite Breakthrough Artist
  • MTV Asia Awards 2006 - Nominated for Favorite Video for "Helena"
  • NME Awards - Won for "Best International Band" in 2007
  • 15th Annual Music Video Production Awards - Won for Best colorist/telecine for "Helena" and Best Styling for "The Ghost of You

Tidak ada komentar:

Posting Komentar